Meningkatnya Kriminalitas, Salah Satu Alasan Pembangunan Polsek Blang Bintang

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung Polsek Blang Bintang, Aceh Besar, Kamis (8/8/2024).

Pada kesempatan tersebut juga hadir Pj Bupati Aceh Besar, M Iswanto bersama Danlanud SIM, Kolonel Pnb Hantarno Edi Sasmoyo, beserta unsur forkopimcam dan pihak lainnya.

Dalam sambutannya, Fahmi mengatakan bahwa pembangunan gedung Polsek Blang Bintang dilakukan untuk mendukung kinerja Polri dalam memberikan pelayanan secara maksimal ke masyarakat.

Selain itu, juga untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah yang terdiri dari 26 gampong (desa) dengan jumlah penduduk sebanyak 12.000 lebih jiwa tersebut.

Apalagi, dari data yang ada angka kriminalitas di wilayah Kecamatan Blang Bintang tergolong meningkat selama ini, seperti percobaan penyelundupan narkoba di Bandara SIM yang telah diungkap.

“Ada empat kali percobaan penyelundupan narkoba yang terjadi selama ini di Bandara SIM yang kita ungkap,” ujar mantan Kabid Propam Polda Aceh tersebut.

Pertama, adanya upaya penyelundupan sepuluh kilogram sabu yang tersangkanya terungkap dan kini masih berproses di peradilan. Kemudian, juga penyelundupan satu kilogram sabu yang proses hukumnya masih berjalan.

“Lalu ada percobaan penyelundupan sabu seberat 100 gram, itu juga sama tersangkanya sudah kita dapatkan dan masih diproses. Terakhir adalah percobaan penyelundupan satu kilogram ganja yang kini masih kita dalami,” jelasnya.

“Hal lainnya adalah pencurian, bahkan berkaitan dengan keselamatan penerbangan, seperti kabel, lampu dan lainnya. Alhamdulillah ini sudah terungkap dan Insyaallah besok pagi akan kami press conference untuk disampaikan ke publik,” sambungnya.

Fahmi berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar yang telah banyak membantu Polri selama ini, salah satunya seperti pembangunan gedung Polsek Blang Bintang saat ini.

Ia berharap agar kehadiran Polsek Blang Bintang nantinya tak hanya sekadar melayani masyarakat sekitar, namun juga seluruh masyarakat yang beraktivitas atau datang dan berangkat dari Bandara SIM.

“Tentu ini perlu pelayanan ekstra serta langkah yang lebih strategis, kita berharap dengan adanya Polsek Blang Bintang ini kepolisian dapat melayani masyarakat secara maksimal dan menjaga kamtibmas,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dulunya kawasan Kecamatan Blang Bintang hanya memiliki sebuah pos kepolisian berupa bus untuk melayani belasan ribu masyarakat Blang Bintang yang ada di 26 gampong (desa).

Seiring berjalannya waktu, statusnya pun ditingkatkan menjadi Polsubsektor, hingga pada 8 April 2021 dikukuhkan sebagai Polsek Blang Bintang yang kantornya di sebuah rumah dinas kepolisian.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *