Bakti Religi Polsek Ulee Lheue di Masjid Jami’ Baiturrahim Dalam Rangka Menyambut Hari Bhayangkara Ke 78 Tahun 2024

Masjid Baiturrahim Ulee Lheue adalah sebuah masjid bersejarah yang berada di Kota Banda AcehProvinsi AcehIndonesia. Masjid ini dibangun pada abad ke-17 dan merupakan peninggalan Kesultanan Aceh.

Dalam sejarahnya, awalnya pada tahun 1873, masjid ini menjadi tempat relokasi sementara jemaah Masjid Baiturrahman Banda Aceh, yang dimana pada saat itu Masjid Baiturrahman Banda Aceh terbakar saat peristiwa pengusiran Pasukan Royal Belanda oleh masyarakat Aceh.

Sejak berdirinya hingga sekarang masjid ini sudah mengalami beberapa kali renovasi. Awalnya masjid dibangun dengan rekonstruksi seutuhnya terbuat dari kayu, dengan bentuk sederhana dan letaknya berada di samping lokasi masjid yang sekarang. Karena terbuat dari kayu, bangunan masjid tidak bertahan lama karena lapuk sehingga harus dirobohkan.

Pada tahun 1922 masjid dibangun dengan material permanen oleh Pemerintah Hindia Belanda dengan gaya arsitektur Eropa. Namun masjid ini tidak menggunakan material besi atau tulang penyangga, melainkan hanya susunan batu bata dan semen saja.

Pada tanggal 26 Desember 2004, gempa bumi dan tsunami meratakan seluruh rumah-rumah di sekitar masjid, Masjid Baiturrahim ini menjadi satu-satunya bangunan yang selamat di wilayah tersebut, alasannya adalah bangunan tersebut kokoh diantara tiang-tiang beton yang berdiri dan memiliki fondasi yang sangat kuat.

Kini, masjid Jami’ Baiturrahim merupakan lokasi yang telah ditetapkan Pemerintah Aceh sebagai tempat wisata religi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Melalui peringatan hari Bhayangkara ke 78, Personel Polsek Ulee Lheue Polresta Banda Aceh melaksanakan bakti religi di masjid Jami’ Baiturrahim, Jumat (21/6/2024).

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli melalui Kapolsek Ulee Lheue, AKP Aiyub mengatakan,kegiatan Bakti Religi ini diadakan sebagai bentuk kepedulian anggota Polri terhadap kebersihan lingkungan tempat ibadah dan untuk mempererat hubungan dengan masyarakat dan tokoh-tokoh agama, serta Kegiatan ini juga dapat bernilai ibadah dalam menyambut Hari Bhayangkara ke 78 Tahun 2024, sekaligus sebagai wujud Bakti Polri kepada masyarakat.

Pada pelaksanaan Bakti Religi ini, Personil Polsek Ulee Lheue melakukan pembersihan di Area pekarangan luar dan dalam Masjid Jami’ Baiturrahim Ulee Lheue dan direncanakan akan dikunjungi Kapolda aceh Aceh bersama unsur Forkopimda pada tanggal 25 Juni mendatang guna melaksanakan video conference bersama Kapolri dihalaman masjid ini, sambungnya.

Kegiatan ini dilaksanakan juga dengan harapan dapat mencerminkan semangat gotong royong dalam rangka memupuk rasa kekeluargaan yang harmonis antar Personil dengan masyarakat, serta dapat menumbuhkan semangat kebersamaan dan kerukunan dalam keberagaman sehingga dapat terus terjalin, pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *