Berkas Lengkap, Perkara Korupsi Lahan Zikir Nurul Arafah Islamic Center Berlabuh ke Jaksa

Perkara dugaan korupsi lahan Zikir Nurul Arafah Islamic Center akhirnya berlabuh ke jaksa, Kamis (27/6/2024).

Sekitar pukul 10.30 WIB pagi, penyidik Satreskrim Polresta Banda Aceh melakukan tahap dua dengan menyerahkan berkas perkara dan tersangka kasus itu ke Kejari Banda Aceh.

Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh, Kompol Fadilah Aditya Pratama mengatakan, penyerahan tahap dua ini dilakukan setelah jaksa menyatakan bahwa berkas perkaranya lengkap.

“Alhamdulillah setelah berkasnya dinyatakan lengkap (P-21), penyidik yang dipimpin Kanit Tipidkor yakni Ipda Hamdani langsung melakukan tahap dua,” ujarnya.

Petugas menyerahkan barang bukti 170 dokumen penting, serta uang tunai sitaan sebesar Rp 295 juta lebih yang disetorkan ke rekening barang bukti milik Kejari Banda Aceh.

Sementara tersangkanya yakni MY selaku mantan Kepala Dinas PUPR Kota Banda Aceh serta DA selaku mantan Keuchik dan SH selaku Kasi Pemerintah Gampong Ulee Lheue.

“Tersangka dan barang bukti diterima langsung oleh jaksa peneliti yakni Bapak Asmadi Syam, nantinya jaksa akan berkoordinasi dengan pengadilan untuk sidang,” jelasnya.

Seperti diketahui, pengadaan lahan zikir Nurul Arafah Islamic Center di Gampong Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh yang sumber dananya dari APBK Dinas PUPR Kota Banda Aceh tahun 2018-2019 bermasalah.

Dugaan korupsi yang merugikan negara sekitar Rp 1 miliar itu selama ini ditangani oleh penyidik Satreskrim Polresta Banda yang menetapkan tiga tersangka yakni MY, DA dan SH.

Sebelumnya, jaksa juga sempat beberapa kali mengembalikan berkas perkara kasus tersebut karena dinyatakan belum lengkap (P-19).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *