Polda Aceh dan Polresta Banda Aceh Amankan Penarikan Nomor Urut Cagub Cawagub Aceh

Polda Aceh dan Polresta Banda Aceh menurunkan personelnya guna mengamankan jalannya pengundian dan penetapan nomor urut calon Gubernur serta calon Wakil Gubernur Aceh di Hotel The Pade, Aceh Besar, Senin (23/9/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dengan hasil pengundian, pasangan Bustami Hamzah-Fadhil Rahmi mendapatkan nomor urut 1 dan Muzakir Manaf-Fadhlullah nomor urut 2.

Pengundian dipimpin langsung Ketua KIP Aceh, Saiful didampingi enam komisioner KIP Aceh lainnya.

Pengambilan undian nomor urut pertama kali dilakukan pasangan Muzakir Manaf-Fadhlullah. Kemudian dilanjutkan oleh pasangan Bustami Hamzah-Fadhil Rahmi.

M Fadhil Rahmi Resmi Dampingi Bustami Hamzah di Pilgub Aceh
Pengundian nomor urut berlangsung meriah. Para pendukung dari dua kubu sama-sama membentangkan poster dan meneriakkan yel-yel saat pasangan mereka mendapatkan nomor urut.

Dari hasil undian, pasangan Bustami Hamzah-Fadhil Rahmi mendapat nomor urut 1 dan Muzakir Manaf yang berpasangan dengan Fadhlullah mendapat nomor urut 2.

Untuk diketahui, Pilgub Aceh hanya diikuti dua pasangan calon. Bustami-Fadhil Rahmi diusung oleh partai NasDem, Golkar, PAN, Partai Adil Sejahtera dan Partai Darul Aceh.

Sementara kontestan kedua adalah Muzakir Manaf-Fadhlullah. Pasangan ini diusung PDIP, Demokrat, PKS, PKB, Partai Aceh, PNA, PPP dan Gerindra.

Sementara itu, terkait dengan pengamanan, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli mengatakan berkomitmen untuk terus menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif hingga seluruh rangkaian Pilkada selesai dilaksanakan.

“Kami telah menyiagakan personel di beberapa titik strategis, baik di sekitar Kantor KIP Aceh maupun Kota Banda Aceh serta jalur menuju lokasi pengundian nomor urut Paslon, guna menjaga situasi tetap kondusif,” ungkapnya.

Selain itu, Kapolresta juga menekankan pentingnya kerjasama dengan pihak terkait, seperti Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Komisioner KIP, untuk memantau jalannya proses pengundian nomor urut Paslon.

“Kami berharap, semua pihak dapat menjaga ketertiban dan mengikuti aturan yang berlaku, sehingga tahapan pemilu ini dapat berjalan dengan aman dan tertib,” tambahnya.

Selama pelaksanaan pengamanan, situasi di sekitar Kantor KIP Aceh dan Kota Banda Aceh terpantau kondusif. Masyarakat dan pendukung paslon yang hadir pun terlihat tertib mengikuti arahan dari petugas kepolisian.

Seluruh tahapan pilkada ini merupakan salah satu tahapan krusial dalam rangkaian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *