Polresta Banda Aceh Siapkan Armada Mudik Gratis

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli bersama pejabat utama Polresta melepas mudik gratis presisi Polri tahun 2024 di terminal Batoh.

Sebanyak dua unit bus jenis Hiace dengan tujuan Meulaboh dan Kota Subulussalam diberangkatkan pada malam ini.

KBP Fahmi mengatakan, program mudik gratis Polri Presisi merupakan tindaklanjut apa yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar pelaksanaan mudik pada tahun ini berjalan aman dan lancar.

“Hari ini kami dari Polresta Banda Aceh melaksanakan hal yang sama seperti instansi lainnya, yaitu mudik gratis,” kata Fahmi.

Mantan Kabid Propam Polda Aceh ini menuturkan, malam ini Polresta Banda Aceh bersama Instansi terkait seperti BNNP, Dishub, Basarnas, melakukan pengecekan terhadap keselamatan dan keamanan baik pengemudi maupun penumpangnya dengan cara cek urine.

“Jadi sebelum berangkat dilakukan pengecekan bebas narkoba, alkohol dan pemeriksaan kesehatan. Semua untuk memastikan pada saat membawa kendaraan semuanya dalam keadaan sehat. Tentunya rata-rata tadi kita menyapa pemudik semuanya berbahagia senang dan berharap mudik kali ini juga lancar dan cepat sampai tujuan masing-masing,” ujar nya.

 

“Semoga kegiatan (mudik gratis) ini dapat membantu masyarakat yang pulang mudik ke kampungnya masing-masing,” kata Kapolresta

Dirinya juga menyampaikan, program mudik gratis tersebut sebagai salah satu upaya mereka membantu masyarakat untuk berlebaran bersama keluarga. Karena itu, pihaknya menyiapkan dua mobil yang berangkat ke arah barat selatan Aceh yakni Meulaboh dan Kota Subulussalam.

“Kami membantu masyarakat, kalau teman-teman lihat ini ada dua Hiace yang akan menuju ke Subulussalam maupun ke Meulaboh,” ujarnya.

Fahmi menuturkan, puluhan masyarakat yang ikut mudik gratis Polresta tersebut merupakan mereka yang dicarikan untuk mandor terminal, sehingga didapatkan pemudik untuk dua mobil Hiace.

“Jadi kami berkomunikasi sama mandor. Siapa yang memang ingin mudik gratis, kemudian disampaikan kepada masyarakat yang bersedia silahkan ikut rombongan ini,” kata Kapolresta.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa yang ikut mudik gratis Polresta Banda Aceh, Arif mengucapkan terima kasih atas program mudik gratis tersebut. Sehingga mereka bisa menghemat biaya transportasi menuju kampung halaman.

Dirinya menambahkan, terkait mudik gratis tersebut diketahui pertama sekali melalui media sosial, kemudian langsung mendaftarkan diri, sehingga bisa mengikuti mudik tersebut.

“Alhamdulillah, dengan mudik gratis ini dapat meringankan biaya, apalagi kita anak kuliah, jadi sangat membantu. Kalau pulang sendiri ke Subulussalam itu ongkosnya sampai Rp250 ribu,” demikian mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *