Wakapolresta Banda Aceh Hadiri Bimtek Sispamkota di Pekanbaru

Dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2024, As Ops Polri yang dipimpin oleh Karokerma Sops Polri Brigjen Pol Laksana menggelar Bimtek Sispamkota dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 di Pekanbaru Riau selama dua hari sejak 16 hingga 17 Juli 2024, Wakapolresta Banda Aceh AKBP Satya Yudha Prakasa hadiri kegiatan dimaksud.

Kegiatan berlangsung di Gedung Balai Serindit, Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Kegiatan Bimtek tersebut dibuka oleh Kapolda, Irjen Pol Mohammad Iqbal dan dihadiri oleh Karokerma Sops Polri, Brigjen Pol Laksana, Kabagbinlatops Robinops Sops Polri beserta Tim Bimtek Sops Polri, Pejabat utama Polda Riau, Para Kabagbinops Roops Polda se-Sumatera, Para Wadirintelkam Polda se-Sumatera, Para Kabagops Satbrimob Polda se-Sumatera, Para Wakapolresta se-Sumatera dan Pejabat Polres Kampar Polda Riau.

Dalam sambutannya, Kapolda Riau mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan selamat datang di bumi lancang kuning.

“Hari ini kita bersama – sama melaksanakan kegiatan Bimtek Sispamkota dalam menghadapi pengamanan Pilkada serentak tahun 2024 kedepan,” ucap Irjen Iqbal.

Ia mengatakan, pentingnya kemampuan mengantisipasi ancaman melalui latihan-latihan. Bimtek ini bertujuan mengingatkan agar dapat diteruskan kepada personel di wilayah masing-masing guna meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan menghadapi potensi kerawanan selama tahapan Pilkada.

Identifikasi dan analisa potensi ancaman dan kerawanan di kota, termasuk ancaman terorisme, kriminalitas, dan bencana alam, tegasnya.

Kita bersama harus menjamin proses Pilkada yang aman, tertib, dan lancar, serta melindungi hak dan keamanan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat, pungkasnya

Sementara itu, Karokerma Sops Polri mengatakan, untuk diketahui, bahwa potensi kerawanan berdasarkan IPKP Baintelkam Polri yang wilayahnya tidak rawan, belum tentu sitkamtibmas kedepannya baik – baik saja, saat tahapan pilkada boleh jadi, akan kedepannya harus diantisipasi jika terjadinya gejolak.

Pahami tujuan dan konsep dasar Sispamkota untuk menciptakan keamanan kota yang aman, baik dan tertib tanpa gangguan kamtibmas, sambungnya.

Susun perencanaan pengamanan secara terpadu dengan berbagai unsur terkait, latih personel dalam teknik pengendalian massa, penanganan bom, dan evakuasi. Memperkuat koordinasi antara kepolisian, TNI, pemda, dan masyarakat, tambahnya.

Gunakan teknologi untuk pengawasan dan respons cepat bila terjadi sesuatu yang sangat berarti, lakukan simulasi dan latihan lapangan untuk kesiapsiagaan dan tentunya kegiatan ini sesuai dengan prosedur dalam penanganan situasi darurat dan krisis, pungkasnya.

Kegiatan selanjutnya penyampaian materi oleh Ketua Tim Bimtek Sispamkota, Karoops Polda Riau dan Tim Bimtek Sops Polri oleh Kabagbinlat Robinops Sops Polri.

Kegiatan diakhiri dengan peragaan Sispamkota oleh masing-masing perwakilan dari Polda se Sumatera.

Sementara itu, pada hari kedua pelaksanaan Bimtek Sispamkota dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2024, dilakukan kegiatan simulasi peragaan bagaimana cara penanganan bila ada kejadian yang tidak terduga dilapangan.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *